Footer Widget 1

Cara Menanam Lengkeng dalam Pot



Untuk media, siapkan pot yang berdiameter 50 cm atau lebih. Pot yang biasa dipakai untuk menanam lengkeng adalah drum bekas, selain harganya terjangkau, juga lebih awet. Wadah lain yang juga dapat digunakan adalah pot yang terbuat dari plastik, semen atau kayu.

Dasar pot yang akan digunakan harus diberi lubang kecil sebanyak 6 – 8 buah. Lubang ini dimaksudkan untuk menghindari genangan air didalam pot.

Adapun bahan-bahan yang dibutuhan untuk menanam lengkeng dalam pot adalah : Tanah, pupuk alami atau organik, pasir/sekam dengan perbandingan 1:1:1

1 bagian tanah diaduk dengan 1 bagian pupuk kandang atau biasanya kotoran kambing ditambah 1 bagian pasir atau bisa juga pakai sekam yang sudah dibakar.

Penyiraman tanaman lengkeng dalam pot perlu dilakukan terus menerus agar kondisi lengkeng tetap lembab, hal ini karena akar tidak dapat mencari sumber air sendiri, berbeda dengan tanaman dilahan pada yang pada umur 8 bulan akarnya sudah tumbuh menyebar kedalam tanah sehingga tidak perlu penyiraman secara terus menerus karena akar sudah dapat mencari air sendiri.

Pohon lengkeng ini juga harus terkena sinar matahari minimal 5 jam setiap hari.

Jadi anggapan bahwa menanam lengkeng sulit , sekarang sudah tidak lagi. Karena seperti penjelasan diatas bahwa pada dasarnya menanam lengkeng itu sangatlah mudah.

Selamat Mencoba.



 




0 komentar:

Posting Komentar