Footer Widget 1

Masjid Agung Demak, Tempat Berkumpulnya Wali Songo


Datanglah ke Masjid Agung Demak maka Anda tak hanya menemukan keindahan masjid yang berusia ratusan tahun, tetapi juga sejarah perkembangan peradaban Islam di Indonesia. Di sinilah tempat para Wali Songo berkumpul.

Masjid Agung Demak yang berada di Jl Sultan Fatah No 57, Demak ini, ternyata memiliki banyak peran penting bagi umat Muslim di Indonesia. Inilah saksi sejarah perkembangan peradaban Islam di Indonesia, khususnya Tanah Jawa.

Sejarawan mencatat dulunya masjid ini adalah lokasi Wali Songo berkumpul. Di tempat ini, mereka membahas cara penyebaran agama Islam di Tanah Jawa.

Saat ini, banyak umat Muslim yang sengaja datang untuk melihat keanggunan dan keindahan arsitekturnya. Masjid Agung Demak memiliki atap limas susun tiga yang mirip dengan rumah Joglo. Usut boleh usut, atap tiga tingkat ini ternyata memiliki makna tersendiri, yaitu iman, ihsan, dan Islam.

Bisa dibilang, hampir seluruh bagian Masjid Agung Demak memiliki makna tersendiri. Setelah atap, kini bagian pintu masjid yang memiliki makna tersembunyi. Lima pintu penghubung antar ruang menyimbolkan rukun Islam. Sedangkan enam jendela menandakan rukun iman.

Dalam buku ’100 Masjid Terindah di Indonesia’, dari Andalan Media, Masjid Agung Demak diperkirakan telah dibangun sejak abad ke-15. Jadi tak heran jika bangunan ini didominasi material kayu. Ada empat orang wali berperan langsung dalam pembuatan masjid ini, yaitu Sunan Bonang, Sunan Kalijaga, Sunan Ampel dan Sunan Gunung Jati.

0 komentar:

Posting Komentar