Footer Widget 1

Prestasi PSIR Rembang


Indonesia Rembang populer disebut PSIR Rembang adalah sebuah klub sepakbola profesional yang berkedudukan di Kota Rembang, Propinsi Jawa Tengah, Indonesia. PSIR berdiri sejak tahun 1950 atas prakarsa para pemain dan pengurus klub-klub yang ada pada waktu itu antara lain PS MAESA Tawang Sari Rembang, PS Cahaya Muda Pandean dan PS Garuda Sumberjo Rembang. Sampai dengan tahun 1975 prestasi PSIR Rembang hanya sampai ditingkat karisidenan.



Pada tahun 1975 terbentuklah PS Krida Rembang, pada tahun 1987 s/d 1989 PS Krida Rembang 3 X berturut-turut menjadi juara I tingkat Jateng. Pada tahun 1989 PS Krida Rembang menjadi juara I kompetisi PSSI antar klub tingkat nasional yang diselenggarakan di Jakarta. Seiring dengan prestasi PS Krida, PSIR mulai bangkit, seluruh pemain PSIR diambil dari PS Krida. Semenjak itu PSIR Rembang mulai mengikuti kompetisi secara rutin sehingga mampu mencapai divisi utama liga Indonesia sampai musim kompetisi 2010/2011.

Sebuah catatan penting, sejak PSIR berdiri hingga sekarang PSIR Rembang telah menyumbang putra-putra daerah terbaiknya untuk PSSI seperti mantan kepala perpustakaan Kabupaten Rembang Daniel Roekito yang sekarang menjadi pelatih bertaraf nasional dan pernah membawa persik kediri sebagai juara nasional ISL, wasit nasional Alil Rinenggo yang merupakan mantan pemain PS Cahaya Muda Pandean yang pernah memimpin final ISL, Mantan pemain nasional Hadi Surento yang pernah menjadi asisten pelatih PSIR Rembang.

Tahun 1989/1990 juara I divisi II Nasional (promosi ke divisi I perserikatan).
Tahun 1991/1992 juara IV divisi I Nasional (promosi divisi utama perserikatan).
Tahun 1993/1994 delapan besar nasional (divisi utamaperserikatan) di Jakarta.

Namun setelah itu secara perlahan prestasi PSIR tenggelam karena masalah klasik yaitu dana, selain itu diberlakukannya liga Indonesia yang membutuhkan pemain-pemain profesional menyebabkan prestasi PSIR semakin terpuruk. Pada tahun 2005 dengan terpilihnya H. Moch Salim sebagai Bupati Rembang secara perlahan namun pasti prestasi PSIR kembali terangkat. Hal tersebut disebabkan kepedulian Bupati Rembang terhadap PSIR yang dianggap sebagai sarana promosi mengenalkan Kabupaten Rembang ke Tingkat Nasional.

Terbukti pada tahun 2005 PSIR meraih juara I divisi III nasional, sekaligus promosi ke divisi II Nasional,
Tahun 2006 PSIR Rembang Juara I divisi II Nasional dan promosi ke divisi I Nasional.
Tahun 2007 PSIR mampu promosi ke divisi Utama.
Tahun 2011 ini dengan regulasi dan format baru kompetisi profesional oleh PSSI yang baru, Alhamdulillah PSIR lolos verifikasi untuk mnempuhi laga di level 1 liga profesional PSSI 2011/2012.

0 komentar:

Posting Komentar